Objek Wisata Hutan Mangrove PIK Jakarta Utara

Objek Wisata Hutan Mangrove PIK Jakarta Utara
Foto by IG @irmasy13

Hutan Mangrove PIK Jakarta – Kepadatan Ibukota baik dari segi lalu lintas, perumahan hingga industri terkadang membuat warganya menjadi bosan dan merindukan suasana perkampungan yang adem dan memberikan ketenangan.

Khususnya bagi yang tinggal di lingkungan Ibukota Jakarta ingin pulang kampung tapi tidak punya banyak waktu ada kini ada tempat wisata alternatif bernuansa alam didekat anda yaitu Hutan Mangrove PIK Jakarta. Mungkin sebagian besar orang mengira kalau di tengah kepadatan kota seperti terdapat area pariwisata yang masih sangat asri dan sejuk.

Objek Wisata Hutan Mangrove PIK Jakarta Utara

Foto by IG @irmasy13

Baru-baru ini foto-foto di sekitar kawasan pariwisata tersebut sedang viral di sosial media. Pengunjung yang datang juga bukan hanya dari kalangan masyarakat Jakarta melainkan adapula dari daerah lain bahkan mancanegara.

Baca: Sate Kambing Paling Enak Di Jakarta Terfavorit

Tiket Masuk Hutan Mangrove PIK

Sobat travel harus tahu mengenai biaya tiket kunjungan ke tempat wisata Hutan Mangrove PIK Jakarta ini, pasalnya terdapat beberapa perbedaan dan paket yang bisa anda pilih sesuai budget dan keinginan.

Berikut ini adalah daftar tiket masuknya:

Harga tiket hari biasa

  • Dewasa Rp 25.000,-
  • Anak-anak Rp 10.000,-
  • Wisatawan mancanegara Rp 150.000,-

Harga tiket week end

  • Wisatawan lokal dewasa Rp 30.000,-
  • Anak-anak Rp 10.000,-
  • Wisatawan mancanegara Rp 170.000,-

Biaya Parkir Kendaraan

  • Sepeda motor Rp 5.000,-
  • Mobil Rp 10.000,-
  • Bus Rp 50.000,-

Bagi pengunjung yang akan membawa kamera digital akan dikenakan biaya yang cukup beragam, namun jika membawa handphone yang dilengkapi fasilitas kamera tidak akan dikenakan biaya apapun. Berikut ini penjelasannya:

  • Kamera poket / gopro Rp 150.000,-
  • Kamera DSLR untuk keperluan pribadi Rp 300.000,-
  • Kamera DSLR untuk keperluan tertentu Rp 1.500.000,-

Jadi kalau memang anda datang ke tempat wisata ini hanya sekedar berlibur untuk mengisi aktivitas sebaiknya cukup gunakan kamera smartphone saja sudah cukup supaya lebih menghemat biaya liburan anda.

Baca: Tempat Wisata Di Jakarta Selatan

Aktivitas Seru

Selain hutan mangrove memiliki manfaat penting yaitu untuk menahan abrasi ombak laut, juga dijadikan sebagai tempat rekreasi yang cukup diminati banyak wisatawan dari berbagai daerah baik lokal maupun internasional.

Foto by IG @triwitiono

Apa saja aktivitas yang bisa dilakukan di tempat wisata ini? berikut ulasannya:

1. Menikmati Pemandangan Hutan Mangrove

Salah satu aktivitas seru yang bisa dilakukan yaitu menyaksikan pemandangan alam untuk sekedar menyegarkan mata. Bagi pengunjung yang setiap hari bekerja didepan layar komputer lokasi ini sangat cocok untuk dikunjungi pada akhir pekan bersama orang terdekat anda.

Disini tersedia jembatan kayu yang bisa digunakan untuk mengelilingi area hutan mangrove serta cocok pula dijadikan sebagai tempat berswa foto bareng teman-teman. Kondisi air yang bersih serta dikelilingi dengan penghijauan membuat diri merasa sangat dimanjakan.

2. Mengunjungi Wisata Air

Jika tidak puas mengelilingi hutan mangrove dari jembatan kayu, anda juga bisa menyewa perahu kecil untuk menyusuri area pariwisata. Disini tersedia beberapa pilihan ukuran perahu yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan yakni:

  1. Perahu kecil untuk 2 orang
  2. Perahu sedang untuk 6 orang
  3. Perahu besar untuk 8 orang penumpang

3. Bermain Bersama Anak

Pada hari kerja terutama mulai hari Senin sampai Jum’at mungkin sangat jarang menikmati waktu bersama anak-anak atau keluarga. Nah mumpung sedang liburan, manfaatkan waktu sebaik mungkin untuk menikmati waktu berkualitas bersama anak-anak supaya hubungan keluarga tetap harmonis dan bahagia.

4. Menanam Bibit Mangrove

Bila anda datang bersama rombongan seperti perusahaan maupun sekolah, bisa melakukan aktivitas paling seru yaitu menanam bibit mangrove.

Kegiatan satu ini sangat bagus untuk dilakukan oleh anak-anak supaya mereka bisa belajar bagaimana melindungi dan menjaga alam sekitar.

5. Melihat Burung Beterbarangan

Melihat burung mungkin menjadi hal yang biasa dan dapat ditemukan di tempat lain. Namun bagi warga Ibukota hal seperti ini sangat jarang ditemukan di sekitar tempat tinggal mereka.

Untuk sampai dilokasi ini anda harus berjalan kaki cukup jauh sampai di ujung kawasan. Rasa lelah sudah pasti akan terbayarkan ketika anda sudah sampai dilokasi dengan menikmati keindahan yang begitu memukau.

Lokasi Hutan Mangrove PIK

Jika sobat fanky tertarik untuk berkunjung ke tempat wisata ini, silahkan datang ke Jalan Garden House Nomor 4, RT 4/RW 3, Kamal Muara, Kecamatan Panjaringan, Jakarta Utara buka setiap hari mulai pukul 07.00 sampai 18.00 WIB.

Untuk menuju ke lokasi terdapat transportasi umum yang bisa kalian gunakan. Namun bila membawa kendaraan pribadi dan tidak begitu paham dengan rute menuju ke lokasi bisa mengikuti sematan peta navigasi dibawah ini:

Peta tersebut kami ambil dari map dan sudah di ulas oleh lebih dari 10ribu orang.

Penginapan

Jika masih punya waktu libur yang cukup lama dan belum ingin beranjak pergi meninggalkan kawasan pariwisata ini, anda bisa menyewa penginapan yang ada disini.

Objek Wisata Hutan Mangrove PIK Jakarta Utara

Foto by IG @endah74_

Setidaknya tersedia 2 pilihan penginapan antara lain:

1. Camping Ground

Anda bisa menyewa penginapan ini dengan harga sekitar Rp 300.000,- permalamnya. Kamar ini hanya bisa digunakan oleh dua orang saja, selain itu fasilitasnya seperti kamar mandi berada di luar ruangan.

Terdapat pula rumah tenda yang berada diatas air dengan bandrol harga Rp 450.000 permalam dan bisa digunakan untuk 2 orang. Fasilitasnya juga sama dengan camping ground.

2. Menyewa Villa

Selain camping ground juga terdapat beberapa villa yang bisa untuk anda sewa, harga yang ditawarkan mulai dari Rp 1.600.000,- sampai dengan Rp 6.000.000,-an.

Baca: 15 Penginapan Murah Di Jakarta Selatan

Tips Liburan

Untuk menikmati liburan yang menyenangkan, anda bisa membaca tips yang akan mimin berikan kepada sobat travel diantaranya:

  1. Bila jarak antara rumah dan tempat pariwisata cukup jauh, sebaiknya berangkat dari rumah lebih awal, selain untuk menghindari kemacetan, juga agar bisa menikmati suasana lebih lama.
  2. Gunakan pakaian yang nyaman untuk digunakan dan hindari menggunakan pakaian mini seperti rokmini maupun hot pants guna menghindari dari gigitan nyamuk.
  3. Di saat hari mulai terik cuaca akan berubah menjadi panas dan silau, untuk itu jangan lupa membawa sun glass dan topi. Oh ya, ada baiknya kalau bawa krim anti nyamuk untuk jaga-jaga.
  4. Bagi wisatawan yang ingin menginap disini, persiapkan juga peralatan kemah seperti senter dan sleeping bag.

Jadi, seperti itulah pembahasan mengenai Objek Wisata Hutan Mangrove PIK Jakarta Utara untuk anda. Peringatan, harga yang tertera diatas adalah sesuai dengan informasi yang kami dapatkan, jadi bisa saja berubah sewaktu-waktu. Selamat berlibur.

Cloud Hosting Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *