Museum Dirgantara Jogja, Sejarah Dan Rute Menuju Lokasi

Museum Dirgantara Jogja, Sejarah Dan Rute Menuju Lokasi

Untuk anda yang sedang berkeinginan untuk mengajak keluarga berkunjung ke sebuah tempat wisata bersejarah bersama anak-anak bisa datang ke Museum Dirgantara Jogja yang berada di alamat Jalan Koloner Sugiyono, Karang Janbe, Banguntapan, Kecamatan Banguntapan, Bantul, Yogyakarta.

Museum Dirgantara Jogja, Sejarah Dan Rute Menuju Lokasi
Sumber: @ayahnya.abbas.aya

Jika datang dengan mengajak sikecil mereka akan belajar lebih dalam lagi tentang sejarah kedirgantaraan dan perjalanan sejarah TNI AU di Indonesia. Saat berada di kawasan museum ini banyak pesawat terbang yang akan mendarat terbang dengan sangat rendah sehingga anak-anak akan merasa sangat gembira melihat pesawat yang sedang terbang dengan jarang yang lumayan dekat.

Sejarah Museum Dirgantara Jogja

Museum ini di resmikan oleh Panglima Angkatan Udara Laksamana Roesmin Noerjiadin pada tanggal 4 April Tahun 1969 di Jalan Tanah Abang Bukit, Jakarta. Namun selang beberapa tahun tepatnya pada 29 juli 1978 di pindahkan ke kota Yogyakarta.

Kenapa museum itu di pindah tentu saja dengan alasan yang jelas yakni Yogyakarta merupakan sebuah kota yang di anggap sebagai pusat kegiatan TNI AU dan juga koleksi utama berupa pesawat terbang menjadikan cocok untuk di pindahkan ke kota Jogja.

Didalam museum tersebut terdapat cukup banyak barang-barang dan juga foto tokoh-tokoh bersejarah yang di simpan dan dipajang dengan sangat aman disini agar setiap orang bisa melihatnya dilengkapi dengan tulisan lengkap.

Berikut ini adalah koleksi yang ada:

  1. Pesawat P-51 Mustang buatan Amerika Serikat
  2. Pesawat Ki-43 buatan Jepang
  3. Rudal SA-75
  4. Pesawat KY51 Cureng buatan Jepang
  5. Pesawat PBY-5A (Catalina)
  6. Foto para tokoh-tokoh bersejarah
  7. Diorama pariwisata sejarah Angkutan Udara Indonesai
  8. Helikopter Hillier 360 buatan Amerika Serikat
  9. Pesawat TS-8 Dies buatan Amerika Serikat
  10. Pesawat A6M5 Zero Sen buatan Jepang
  11. Replika pesawat Glider Kampret buatan Indonesia
  12. Pesawat Lavochkin La-11, Mig-15, Mig-17 dan Mig-21 produksi Rusia
  13. Prototype Bom sebanyak 9 buah buatan Dislitbangau
  14. Replika pesawat WEL- I RI-X pesawat buatan pertama Indonesia

Harga Tiket Masuk Muesum

Harga tiket masuk ke Museum Dirgantara Jogja tidaklah mahal yakni berkisar antara Rp3.000,- per orang dan Rp2.000,- khusus untuk rombongan. Selain itu ada juga biaya parkir yang di bandrol yaitu Rp20.000 untuk mobil kecil dan Rp30.000 untuk bus besar.

Tarif yang di bandrol tersebut menurut mimin sih jauh dari kata mahal bahkan sangatlah murah bila di bandingkan dengan pengetahuan tentang sejarah yang akan didapatkan nanti setelah sampai didalam.

Baca Juga: Daftar Tempat Wisata Di Jogja Terpopuler

Rute Menuju Lokasi

Berada di Kompleks Landasan Udara Adisucipto, Jalan Kolonel Sugiyono, Karang Janbe, Banguntapan, Kecamatan Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, 55282.

Untuk mempermudah proses menuju ke lokasi, kalian dapat mengikuti rute petunjuk pada peta yang mimin ambilkan dariĀ Google berikut ini.

Perkiraan jarak dari pusat kota Jogja sampai di Muesum Dirgantara sekitar 7,6 kilometer jadi tidak perlu waktu lama di perjalanan untuk sampai disana.

Fasilitas Yang Ada

Waktu liburan anda ke tempat ini akan semakin berkesan dan memuaskan dengan adanya fasilitas pendukung didalamnya diantaranya:

  1. Studio foto ala pilot jet
  2. Keleksi pesawat
  3. Tempat parkir
  4. Mushola (tempat ibadah)
  5. Pusat oleh-oleh
  6. Warung makan
  7. Koleksi benda dan dokumen bersejarah
  8. Toilet

Jam Operasional

Sebelum memutuskan untuk berkunjung ada baiknya kalau anda memperhatikan terlebih dahulu jadwal operasional seperti jam buka dan tutupnya.

  • Jam buka Selasa – Minggu mulai pukul 08.00 – 16.00 WIB
  • Jam buka khusus hari senin 08.00 – 16.00 WIB (jika ada rapat dapat berubah)

Jadi seperti itulah sedikit ulasan yang dapat mimin bagikan kepada anda mengenai salah satu tempat rekreasi sekaligus edukasi yaitu Museum Dirgantara Jogja. Terima kasih telah meluangkan waktu untuk berkunjung ke website kami.

Leave a Comment