Pantai Pulau Merah – Review Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Fankymedia.com – Provinsi Jawa Timur menyimpan sejuta pariwisata yang menjadi incaran para traveler dari berbagai daerah, salah satu diantaranya adalah Pantai Pulau Merah yang akan mimin rangkum pada pembahasan kali ini. Pemandangannya sangat cocok buat dijadikan tempat melepas penat bersama orang terdekat saat hari libur baik akhir pekan maupun hari besar.

Bentuk pulau merah menyerupai pegunungan yang letaknya berada diarea pertengahan pantai. Selain dijadikan sebagai spot foto terfavorit oleh sebagian besar orang, pantai ini juga dikunjungi oleh para traveler untuk berselancar memuaskan hobinya disini.

Sebelum sobat memutuskan untuk berkunjung, mimin sudah buat rangkuman yang membahas tentang informasi seperti daya tarik, lokasi, harga tiket masuk dan beragam aktivitas menarik yang dapat dilakukan oleh wisatawan ketika berada disini.

Daya Tarik Pantai Pulau Merah

Pantai Pulau Merah - Review Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Foto by @kartikairmac

Saat kalian sedang berada ditempat ini akan disuguh dengan pemandangan pantai yang begitu memanjakan mata. Sebagian dari wisatawan tidak melewatkannya untuk berswafoto guna dijadikan koleksi di album kenangan maupun sosial media.

Selain itu, suasana yang begitu tenang sangat cocok bila dijadikan sebagai tempat meditasi guna melepas penat setelah melakukan rutinits melelahkan ditengah keramaian kota setiap harinya. Waktu liburan akan makin seru dan menyenangkan kalau kalian datang bersama orang terdekat seperti kerabat, teman, pasangan maupun keluarga tercinta.

Memiliki bibir pantai yang cukup luas sehingga bisa dijadikan sebagai tempat bermain maupun duduk sembari bercengkrama bareng orang terdekat. Ketika akan berkunjung kesini kalian juga bisa membawa bola sepak buat mengisi kegiatan agar makin menyenangkan.

Lokasi Pantai Pulau Merah

Foto by @icha_maudina

Keberadaan pantai terletak dialamat Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi. Jarak dari pusat kota lumayan jauh yaitu sekitar 60 kilometer di sebelah selatan kota Banyuwangi.

Untuk mempermudah menemukan rute menuju ke lokasi, sebaiknya ikuti peta navigasi yang mimin sematkan dari Google Map berikut ini.

Rasa lelah sewaktu diperjalanan akan langsung terbayar lunas setelah sampai ditempat karena disambut oleh pemandangan alam yang begitu mengagumkan.

Harga Tiket Masuk Pantai Pulau Merah

Pantai Pulau Merah saat malam hari

Foto by @pulaumerah_official

Setiap traveler yang hendak menikmati suasana liburan ditempat ini diwajibkan untuk membayar tarif retribusi yang telah ditetapkan oleh pengelola pariwisata. Tak usah khawatir karena harganya dibandrol sangat terjangkau, yaitu:

  • Tiket masuk: Rp 8.000,- per orang
  • Parkir mobil: Rp 5.000,-
  • Parkir sepeda motor: Rp 2.000,-

Bagi wisatawan yang datang dari luar kota dan ingin menikmati suasana malam disini, terdapat penginapan yang dengan tarif sekitar Rp 100.000,- saja permalamnya. Bagaimana, sangat murah sekali bukan?

Perlu kalian ketahui bahwa informasi harga diatas merupakan data yang mimin dapatkan saat artikel ini dibuat, jadi bisa berubah sewaktu-waktu tanpa ada pemberitahuan terlebih dahulu.

Aktivitas Menarik di Pantai Pulau Merah

Berikut ini adalah beberapa aktivitas menarik yang bisa kalian lakukan ketika sedang liburan, antara lain:

1. Snorkeling

Bagi wisatawan yang suka menyaksikan dan berinteraksi lebih dekat dengan biota laut, di pantai ini kalian dapat melalukannya. Meskipun tak seindah Karimun Jawa, namun sayang banget kalau dilewatkan begitu saja.

Tidak perlu repot membawa peralatan snorkeling dari rumah karena disini terdapat beberapa tempat penyewaan dengan harga yang relatif terjangkau. Tempat snorkeling ini bisa dibilang cukup dangkal jadi cocok buat para pemula.

2. Menyaksikan Pemandangan Pantai yang Indah

Jika tidak berani mencoba aktivitas diatas, hamparan pantai disini cukup luas yakni sekitar 3 meter yang bisa dimanfaatkan sebagai tempat bermain bola atau bermain pasir bersama teman-teman.

Disini juga terdapat sewa kursi dan payung pantai dengan tarif yang murah yaitu Rp 25.000,- per 60 menit (1 jam).

3. Berkunjung ke Pura

Tidak jauh dari pantai terdapat sebuah pura yang bernama Pura Tawang Alun, digunakan sebagai tempat berupacara umat Hindu disekitar wilayah ini. Menurut cerita pura tersebut sudah ada sejak tahun 1980-an.

4. Berselancar

Gelombang air laut di pantai pulau merah ketinggiannya bisa mencapai 2-4 meter sehingga para pecinta olahraga selancar tidak mau melewatkan begitu saja. Karena ombak yang masuk kedalam kategori sedang, maka bagi para pemula bisa mencoba namun tetap harus dalam pengawasan para profesional.

Meskipun ombaknya tidak setinggi pantai Plengkung, akan tetapi pernah menjadi tuan rumah kompetisi selancar internasional loh. Untuk menyewa papan selancar cukup membayar dengan harga Rp 50.000,-an saja.

5. Mengelilingi Bukit Pasir Merah

Perlu kalian pahami untuk menuju ke bukit pasir merah tidak bisa dilakukan disembarang waktu karena harus menunggu air dalam kondisi surut. Biasanya air laut surut pada pukul 3 dan para pengunjung dapat menuju kesana tanpa menggunakan perahu.

Dari bukit ini kalian dapat menatap bentang laut yang begitu luas serta indahnya warna langit menjelang matahari tenggelam. Dimoment ini sebisa mungkin kalian mengabadikannya dengan mengambil koleksi foto sebanyak mungkin.

6. Wisata Kuliner

Setelah seru-seruan bersama orang terdekat disini, perut akan terasa keroncongan pastinya. Namun kalian tidak perlu membawa makanan dari rumah, sebab disini terdapat beberapa tempat berburu kuliner dengan pilihan menu yang beragam mulai dari rawon, rujak soto, rujak bakso dan masih banyak lagi lainnya.

Baca juga:

Demikian sedikit rangkuman yang dapat mimin sampaikan mengenai Pantai Pulau Merah pada kesempatan kali ini. Jangan lupa kalau tertarik ingin berkunjung ke tempat ini mengajak orang terdekat agar liburan makin berkesan. Happy holiday..!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *