Cara Mempersiapkan Diri Untuk Menikah Berserta Point Pentingnya

Cara Mempersiapkan Diri Untuk Menikah
Cara Mempersiapkan Diri Untuk Menikah

Cara Mempersiapkan Diri Untuk Menikah

Menikah adalah sesuatu yang di dambakan oleh setiap orang, dimana hari itu merupakan merupakan hari yang paling di nanti untuk menuju kebahagiaan bersama sang kekasih.

Perlu untuk kamu ketahui untuk kamu pria.

“Wanita di nikahi itu karena 4 perkara, karena hartanya, keturunannya, kecantikanya dan juga agamanya. Maka pilihlah wanita yang taat agama niscaya engaku beruntung” (HR.Albukhari)

Seorang laki-laki yang siap menikah adalah ia yang mempu memberikan nafkah secara lahir dan batin. Bukan hanya soal materi, sandang, papan dan pangan saja namun ada juga kewajiban dalam memberikan ilmu bimbingan agar istrimu tidak menyimpang dari ajaranNya.

Menikah juga bukan hal sepele, ada tanggung jawab besar untuk seorang laki-laki setelah melakukan ijab qabul yaitu menggantikan posisi orang tuanya (ayah) yang siap menjaga, menyayangi serta tidak menyakiti hatinya.

Baca: Jangan Asal Nuduh PHP, Pahami Alasan Mengapa Cowok Tidak Kunjung Melamar

Untukmu kaum pria, jangan nikahi perempuan karena kecantikan dan kemolekan tubuhnya karena setelah menikah nanti dan istrimu tidak mau menutupi auratnya akan ada dosa yang terus mengalir karena di lihat banyak orang yang bukan mukhirm di luar sana.

Wanita yang suka mengumbar aurat juga kurang pantas di jadikan ibu dari anak-anak kita, karena ia kurang paham tata cara mendidik anak yang benar dan bagaimana tata cara berbakti kepada suaminya.

Wanita yang kurang ajaran agama akan sering melakukan dusta yang bisa menjadikan dampak hancurnya rumah tangga.

Terlebih anda menikahi seorang wanita hanya karena hartanya, tidak jarang wanita yang merasa dirinya jauh lebih mapan daripada suaminya akan bertindak semena-mena terhadap suaminya sendiri. Terkecuali wanita yang memiliki harta cukup banyak itu paham akan ilmu agama sudah pasti tahu bagaimana membangun rumah tangga yang bahagia meskipun suaminya belum bisa memberikan harta lebih banyak darinya.

Niat

Apapun yang menjadi impian dan tujuan anda baik bisnis, bekerja termasuk juga menikah butuh niat yang sungguh-sungguh. Ya, ketika anda sudah menemukan orang yang pantas untuk di nikahi maka pikirkan baik-baik bahwa menikah bukanlah hanya ingin memuaskan hasrat seksual saja, tapi tentu ada tujuan lain yaitu menjadi pasangan yang bahagia baik di dunia dan juga akhirat.

Tak jarang ada orang yang menikah hanya karena ingin memuaskan hawa nafsu hubungannya bubar di tengah jalan. Bila dalam menikah anda memiliki tujuan yang baik, sebesar apapun masalah di dalam lingkup keluarkan akan menjadi terasa kecil, namun akan terasa besar meskipun masalah itu sebenarnya sangat kecil kalau tujuan menikahmu hanya memuaskan hasrat seksual.

Point penting sebelum memutuskan untuk menikah:

1. Sipakan materi

Bagaimanapun juga setiap hari kita membutuhkan materi (uang) untuk berbagai kebutuhan. Banyak orang yang bilang kalau bahagia itu tidak harus dari materi namun dari hati.

Hal itu memang tidak salah, namun akan lebih baik bila sebelum menikah anda memiliki tabungan yang cukup untuk bekal setelah menikah.

Kalau menurut saya pribadi lebih cenderung melihat alasan kenapa banyak orang yang bercerai hanya karena suaminya tidak memiliki materi yang cukup. Dari situlah saya dan anda harus belajar agar mempersiapkannya sebelum melaksanakannya.

Hal ini wajib bagi kaum laki-laki dan tidak untuk kaum wanita.

2. Memperbaiki akhlaq

Pemimpin rumah tangga yang baik adalah dia yang bisa di jadikan contoh untuk istri dan anaknya, tidak pernah melukai hati istri secara di sengaja apalagi membiarkannya mencari kebutuhan sendiri.

Akhlaq yang baik tentu saja akan menentukan harmonis dan tidaknya rumah tangga yang anda bangun bersama kekasihmu.

3. Persiapan fisik

Mempersiapakn fisik sebelum menikah yaitu dengan kata lain ia telah mencapai akil baligh dan siap menjalani kewajibannya sebagai seorang suami dan juga istri.

4. Persiapan spiritual

Tuhan adalah maha segalanya, dialah yang berhak mengatur bagaiman kehidupan seorang umatnya. Mendekatlah kepada Tuhan dan meminta petunjung sebelum dan sesudah melangsungkan pernikahan pada-Nya agar bisa menjadi keluarga yang sakinah, mawadah warohman bahagia di dunia dan di akhirat.

Baca: Cara Mencari Jodoh Yang Sholehah

Itulah Cara Mempersiapkan Diri Untuk Menikah yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini, bila anda memiliki point penting di tambahkan silahkan isikan pada komentar dibawah ini.

Cloud Hosting Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *